Langsung ke konten utama

Darah????

Macam Darah????


 

    Darah adalah cairan yang terdapat pada semua makhluk hidup(kecuali tumbuhan) tingkat tinggi yang berfungsi mengirimkan zat-zat dan oksigen yang dibutuhkan oleh jaringan tubuh, mengangkut bahan-bahan kimia hasil metabolisme, dan juga sebagai pertahanan tubuh terhadap virus atau bakteri. Istilah medis yang berkaitan dengan darah diawali dengan kata hemo- atau hemato- yang berasal dari bahasa Yunani
haima yang berarti darah.

    Pada serangga, darah (atau lebih dikenal sebagai hemolimfe) tidak terlibat dalam peredaran oksigen. Oksigen pada serangga diedarkan melalui sistem trakea berupa saluran-saluran yang menyalurkan udara secara langsung ke jaringan tubuh. Darah serangga mengangkut zat ke jaringan tubuh dan menyingkirkan bahan sisa metabolisme.

    Pada hewan lain, fungsi utama darah ialah mengangkut oksigen dari paru-paru atau insang ke jaringan tubuh. Dalam darah terkandung hemoglobin yang berfungsi sebagai pengikat oksigen. Pada sebagian hewan tak bertulang belakang atau invertebrata yang berukuran kecil, oksigen langsung meresap ke dalam plasma darah karena protein pembawa oksigennya terlarut secara bebas. Hemoglobin merupakan protein pengangkut oksigen paling efektif dan terdapat pada hewan-hewan bertulang belakang atau vertebrata. Hemosianin, yang berwarna biru, mengandung tembaga, dan digunakan oleh hewan crustaceae. Cumi-cumi menggunakan vanadium kromagen (berwarna hijau muda, biru, atau kuning oranye).


 

Pengertian Darah Menurut Wikipedia


Penampang darah secara umum.
(Wikipedia.org)

Poin Penting :

Kita anggap ini bukan belajar biologi, tapi kita mencoba untuk menjadi dokter bagi diri kita sendiri agar bila kita sakit, kita dapat merujuknya dengan ilmu yang telah kita pelajari.

Presented by Dik & Jar OPKIIS


Artikel yang berfungsi seputar darah…. Jangan baca kalo takut darah…..

Volume 1, Issue 1


Darah? Memang Penting?

    Darah manusia adalah cairan jaringan tubuh. Fungsi utamanya adalah mengangkut oksigen yang diperlukan oleh sel-sel di seluruh tubuh. Darah juga menyuplai jaringan tubuh dengan nutrisi, mengangkut zat-zat sisa metabolisme, dan mengandung berbagai bahan penyusun sistem imun yang bertujuan mempertahankan tubuh dari berbagai penyakit. Hormon-hormon dari sistem endokrin juga diedarkan melalui darah.

    Darah manusia berwarna merah, antara merah terang apabila kaya oksigen sampai merah tua apabila kekurangan oksigen. Warna merah pada darah disebabkan oleh hemoglobin, protein pernapasan (respiratory protein) yang mengandung besi dalam bentuk heme, yang merupakan tempat terikatnya molekul-molekul oksigen.

    Manusia memiliki sistem peredaran darah tertutup yang berarti darah mengalir dalam pembuluh darah dan disirkulasikan oleh jantung. Darah dipompa oleh jantung menuju paru-paru untuk melepaskan sisa metabolisme berupa karbon dioksida dan menyerap oksigen melalui pembuluh arteri pulmonalis, lalu dibawa kembali ke jantung melalui vena pulmonalis. Setelah itu darah dikirimkan ke seluruh tubuh oleh saluran pembuluh darah aorta. Darah mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh melalui saluran halus darah yang disebut pembuluh kapiler. Darah kemudian kembali ke jantung melalui pembuluh darah vena cava superior dan vena cava inferior.

    Darah juga mengangkut bahan bahan sisa metabolisme, obat-obatan dan bahan kimia asing ke hati untuk diuraikan dan ke ginjal untuk dibuang sebagai air seni.


Hati-Hati! PENDARAHAN!!!


Caption describing picture or graphic.

Anemia!!!!


"Kesehatan selalu tampak lebih berharga setelah kita kehilangannya."
Jonathan Swift

Peranan Darah Kita dalam Tubuh


Keep Your BLOOD!!

Page


Darah? Memang Penting?

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi medis di mana terjadi peningkatan tekanan darah secara kronis (dalam jangka waktu lama). Penderita yang mempunyai sekurang-kurangnya tiga bacaan tekanan darah yang melebihi 140/90 mmHg saat istirahat diperkirakan mempunyai keadaan darah tinggi. Tekanan darah yang selalu tinggi adalah salah satu faktor risiko untuk stroke, serangan jantung, gagal jantung dan aneurisma arterial, dan merupakan penyebab utama gagal jantung kronis.

Gejalanya Adalah Pada sebagian besar penderita, hipertensi tidak menimbulkan gejala; meskipun secara tidak sengaja beberapa gejala terjadi bersamaan dan dipercaya berhubungan dengan tekanan darah tinggi (padahal sesungguhnya tidak). Gejala yang dimaksud adalah sakit kepala, perdarahan dari hidung, pusing, wajah kemerahan dan kelelahan; yang bisa saja terjadi baik pada penderita hipertensi, maupun pada seseorang dengan tekanan darah yang normal.

Jika hipertensinya berat atau menahun dan tidak diobati, bisa timbul gejala berikut:

sakit kepala
kelelahan
mual
muntah
sesak nafas
gelisah
pandangan menjadi kabur yang terjadi karena adanya kerusakan pada otak, mata, jantung dan ginjal.
Kadang penderita hipertensi berat mengalami penurunan kesadaran dan bahkan koma karena terjadi pembengkakan otak. Keadaan ini disebut ensefalopati hipertensif, yang memerlukan penanganan segera.


Tekanan Darah Tinggi??? BAHAYA!


    Umat Kristen percaya bahwa anggur upacara Ekaristi melambangkan darah Yesus Kristus yang ditumpahkan untuk menebus dosa manusia.

    Vampir adalah makhluk fiksi yang dipercayai terus hidup dengan menghisap darah orang yang masih hidup.

    Islam melarang penganutnya memakan/meminum darah karena bersifat haram dan mengandung unsur—unsur yang berbahaya.

    Dalam teori Abad Pertengahan salah satu dari empat unsur badan, darah dikaitkan dengan unsur api dan riang dan pelahap yang dikenali sebagai mempunyai perwatakan "berdarah".


Fakta-fakta mengenai Darah….


"To catch the reader's attention, place an interesting sentence or quote from the story here."

Gejala Darah Tinggi adalah mudah meluapnya Emosi…..

Page

Volume 1, Issue 1


Sumber Referensi :

http://aksibintang.com/search/kata-kata-bijak-roma-irama
http://id.wikipedia.org/wiki/Darah
http://www.google.co.id/images
http://katakata-bijaksana.blogspot.com/2009/03/kesehatan-selalu-tampak-lebih-berharga.html

 

Berikut Tips Sehat Jantung dan Pembuluh darah
Menjaga komposisi makanan 50% biji-bijian, 30% sayur-mayur dan buah, dan 20% protein baik daging ataupun ikan
Rasulullah SAW menganjurkan kita makan biji-bijian, yaitu kacang polong, kenari, wijen, dll.
Minum yoghurt bisa membantu kecukupan kalsium, membantu buang air besar dan menurunkan kadar lemak .
Tambahkan 2 siung bawang putih dikukus pada setiap anda sarapan
Makan cukup wortel untuk mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral, kubis yg banyak mengandung magnesium Yodium dan zat besi dan umbi-umbian yang banyak mengandung serat dan vitamin A, dan B.
Makan garam meja maksimal 6 gram garam per hari
Minum air 30 cc/kg bb/hari dibagi mengikuti jam waktu sholat .
Olahragalah 30-40 menit/hari 3 kali/minggu
Lakukan aktifitas yang masih mampu dikerjakan, jangan bermalas-malasan
Pertahankan berat badan ideal anda TB – 100 +/- 10% X (TB-100)
Berhentilah merokok, karena bahaya merokok menimbulkan penyesalan yang panjang, mulai radang paru, bau badan dan bau mulut, mempercepat penuaan, penyakit jantung, impotensi, kanker, dll.
Usahakan tidur 6,5 jam per hari, jika tidak bisa sekaligus boleh ada ekstra waktu tidur
Lakukan check-up jika anda merasa khawatir, terutama usia 40 tahun keatas, jangan mengira-ira penyakit anda krn dokter sering kesulitan memastikan penyakit seseorang .
Kendalikan stress

 
Sholat fokus :
- kosongkan pikiran,
-jangan melakukan gerakan kecuali yang diajarkan oleh Rasulullah SAW
-akukan relaksasi
Dekatkan diri kepada Allah dengan memperbanyak dzikir dan sujud
Jadikan Keluarga/rumahku syurgaku, kasih sayang isteri dan anak-anak
Perlu ada dokter keluarga, jangan berpindah-pindah dokter
Diskusikan obat-obat yang anda minum secara rutin yang diresepkan oleh dokter kepada dokter yang terpercaya untuk mencegah duplikasi pengobatan .


 

 
    Ikutilah tips berikut ini untuk hidup sehat dan memiliki kualitas hidup yang baik, jalani hidup sehat mulai sekarang. Kesehatan adalah investasi yang sangat berharga. Karena itu, jadikanlah hidup sehat optimal sebagai kebiasaan Anda sehari-hari. Bagaimana Caranya ! Ikuti tips berikut ini :
1. Cukupilah Kebutuhan Gizi Anda
2. Hindarilah LemaK Berbahaya
3. Janganlah pernah Lupa Sarapan
4. Makan Sayur dan Buah yang cukup
5. Minum Air Minimal 8 Gelas Sehari
6. Pertahankan Berat Badan yang Ideal
7. Olah raga yang teratur
8. Cukup Istirahat
9. Hindarilah Rokok dan Minuman Beralkohol
10. Selalu Berpikir Positif
11. Luangkanlah Waktu Untuk Diri Sendiri
12. Perhatikanlah Kebersihan
13. Periksakanlah Kesehatan Anda Secara Teratur
14. Untuk Sumber Makanan, Minuman dan Suplemen pilihlah Bahan Alami
15. Mengkonsumsi Suplemen Sesuai Kondisi dan Kebutuhan Tubuh.


Shalat yang baik dapat menjaga kesehatan tubuh

 

 

Tips Cara Menyehatkan Darah Kita…….


Dipersembahkan Oleh : Dikjar OPKIIS


Anemia (dalam bahasa Yunani: Tanpa darah) adalah keadaan saat jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin (protein pembawa oksigen) dalam sel darah merah berada di bawah normal.

Sel darah merah mengandung hemoglobin yang memungkinkan mereka mengangkut oksigen dari paru-paru, dan mengantarkannya ke seluruh bagian tubuh.

Anemia menyebabkan berkurangnya jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin dalam sel darah merah, sehingga darah tidak dapat mengangkut oksigen dalam jumlah sesuai yang diperlukan tubuh .

Sedangkan Gejala-gejala yang disebabkan oleh pasokan oksigen yang tidak mencukupi kebutuhan ini, bervariasi. Anemia bisa menyebabkan kelelahan, kelemahan, kurang tenaga dan kepala terasa melayang. Jika anemia bertambah berat, bisa menyebabkan stroke atau serangan jantung.


Pendarahan (bahasa Inggris: hemorrhage, exsanguination; bahasa Latin: exsanguinātus, tanpa darah) merupakan istilah kedokteran yang digunakan untuk menjelaskan ekstravasasi atau keluarnya darah dari tempatnya semula. Pendarahan dapat terjadi hanya di dalam tubuh, misalnya saat terjadi peradangan dan darah keluar dari dalam pembuluh darah atau organ tubuh dan membentuk hematoma; atau terjadi hingga keluar tubuh, seperti mengalirnya darah dari dalam vagina, mulut, rektum atau saat kulit terluka,[1] dan mimisan.

Pendarahan juga menyebabkan hematoma pada lapisan kulit/memar, biasanya terjadi setelah tubuh dipukul atau jatuh dari suatu ketinggian.


Semoga Bermanfaat….
Wasssalamu'Alikum

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Alat Transportasi Membran Sel

Tugas Pertama Browsing Transpotasi Zat melalui Membran Sel (Alat Transportasi Aktif & Pasif) Alat Transportasi Pasif (Artinya adalah proses transportasi pada membran sel yang tidak menggunakan Energi) Difusi : Adalah peristiwa mengalirnya/berpindahnya suatu zat dalam pelarut dari bagian berkonsentrasi tinggi ke bagian yang berkonsentrasi rendah. Contoh yang sederhana adalah pemberian gula pada cairan teh tawar. Lambat laun cairan menjadi manis. Contoh lain adalah uap air dari cerek yang berdifusi dalam udara. ( http://agrica.wordpress.com/2009/01/03/difusi-osmosis-dan-imbibisi ) Osmosis : adalah perpindahan air melalui membran permeabel selektif dari bagian yang lebih encer ke bagian yang lebih pekat. Membran semipermeabel harus dapat ditembus oleh pelarut, tapi tidak oleh zat terlarut, yang mengakibatkan gradien tekanan sepanjang membran. Osmosis merupakan suatu fenomena alami, tapi dapat dihambat secara buatan dengan meningkatkan tekanan pada bagian dengan konsentra

SISTEM SIRKULASI PADA HEWAN DAN MANUSIA

Sistem Sirkulasi pada Hewan Sistem sirkulasi pada hewan dibedakan menjadi 3, yaitu   : Sistem difusi : terjadi pada avertebrata rendah seperti paramecium, amoeba maupun hydra belum mempunyai sistem sirkulasi berupa jantung dengan salurannya yang merupakan jalan untuk peredaran makanan. Makanan umumnya beredar keseluruh tubuh karena adanya aliran protoplasma. Sistem peredaran darah terbuka : jika dalam peredaran-nya darah tidak selalu berada di dalam pembuluh.Misal : Arthropoda Sistem peredaran darah tertutu : jika dalam peredaran-nya darah selalu berada di dalam pembuluh.Misal : Annelida, Mollusca, Vertebrata. 1.Porifera Belum memiliki sistem sirkulasi khusus, tubuhnya terdiri atas dua lapisan sel, lapisan dalam terdiri atas sel-sel yang disebut koanosit. Koanosit berfungsi menangkap makanan secara fagosit yang selanjutnya disebarkan keseluruh tubuh oleh amoebosit. 2.Hydra Pada dinding sebelah dalam dari tubuh Hydra berfungsi sebagai pencerna dan juga berfungsi sebagai sirkulasi. 3.Pl

Pertemuan Kedua -> Ekskul Gaming

Silahkan akses https://code.org/  Login dengan akun anda. Akses  http://code.org/join   Masukan Code  MCZHDZ Pilih Continue Lesson. Selesaikan permainan Play Lab Selamat Bermain! Sudah Selesai? coba ikuti Chalenge 2. Chalenge 2 Akses  http://code.org/join   Masukan Code  PFZNZT